Kepastian Regulasi LCGC
Dalam tahun 2013 ini, TAM hanya
menghadirkan 2 model mobil yang benar-benar baru. “Agya masih menunggu
regulasi selesai, sementara varian lain yakni low hatchback juga segera
meluncur,” sahut Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and PR TAM.
Kemungkinan besar varian low hatchback yang dimaksud adalah Etios.
Toyota Etios sendiri, tentang
kehadirannya di pasar otomotif tanah air sudah banyak diberitakan media
sejak 2012 lalu, bahkan spyshot pengetesan mobil city car ini banya
beredar. Jika Agya diposisikan lebih rendah dengan mesin 1KR
berkapasitas 1.000 cc, sementara Etios sedikit lebih tinggi dengan mesin
3NR-FE berkapasitas 1.200 cc. Namun, kapan dan berapa harga yang
ditawarkan, pastinya sangat menunggu regulasi LCGC.
Masalah regulasi LCGC ini jelas sangat
penting. Seandainya pemerintah menunda peluncurannya. Lalu, bagaimana
dengan lini produksi yang kabarnya sudah siap produksi? apakah akan
dibiarkan begitu saja. Jika Agya diluncurkan tanpamemperhitungkan
regulasi LCGC, maka harga jual akan lebih tinggi sehingga terjadi efek
domino yang menyebabkan harga Etios juga meningkat, kemudian juga akan
berpengaruh pada mobil di posisi atasnya seperti Toyota Yaris dan
All-New Avanza.
Dengan hadirnya 2 model baru Toyota memaksa tipe lain sedikit berbenah. Misalnya All-New Avanza dan Vios, lalu kemudian Toyota Rush yang saatnya mengalami revisi.
Toyota Yaris Model Baru Tidak Hadir Tahun Ini
Seperti dijelaskan sebelumnya, tahun ini
TAM hanya menghadirkan 2 model yang benar-benar baru, yaitu Agya dan
Etios. Walaupun banyak rumor memberitakan kehadiran Yaris facelift terbaru
di pasar Indonesia, ternyata hal itu dimentahkan oeh TAM. “Yaris belum
ada rencana perubahan di tahun ini,” yakin Widyawati. Tampaknya TAM
belum berani menghadirkan menghadirkan Yaris terbaru ini di Indonesia,
melihat kondisi pasar mobil Indonesia yang labil dan tren yang selalu
berubah,Toyota memilih bermain aman dengan hanya mengeluarkan 2 model
baru dan sedikit revisi untuk model-model yang sudah ada.