Headlines News :
Home » , , » Honda Brio Atau Honda All New Jazz

Honda Brio Atau Honda All New Jazz

Written By www.sandhiserver.com on Kamis, 28 Februari 2013 | 11.22

Honda Brio Lahir di Indonesia 2 Agustus 2012 dengan spesifikasi spesial untuk konsumen tanah air, mesin Honda Fit Japan i-Vtec 1,300 cc disematkan di Honda Brio seberat 920 kg. Gebrakan Honda ini kelihatannya dilakukan untuk menandingi kemungkinan Toyota Etios Liva memakai mesin dari Brasil yang juga 1,300 cc. Toyota adalah saingan terberat Honda di kelas hatchback 1500 cc dimana Toyota Yaris selalu menjadi rintangan bagi Honda Jazz untuk menjadi primadona city car 1,500 cc di tanah air.
Bagi para pecinta Honda, kedatangan mobil Honda Brio bisa menjadi alternatif selain Honda ALL New Jazz. Mungkin menjadi binggung apakah memilih Honda Brio seharga Rp 150-170 Juta atau membeli Honda All New Jazz seharga Rp 200-225 Juta.



vs



Honda Brio
Berikut ini data teknis yang diambil dari berbagai sumber :


Pilih Mana Honda Brio atau Honda All New Jazz (Honda Jazz) ?
1. <<Kabin Belakang Luas Ngak ?>> Honda All New Jazz Pilihannya.
Kedua mobil memiliki daya tampung yang sama yaitu 5 penumpang maksimal, yang menentukan adalah seberapa lapang kabin di bangku belakang ? Dengan melihat dimensi total kendaraan, Honda All New Jazz masih lebih luas dibandingkan Honda Brio tetapi perbedaannya tidak terlalu mempengaruhi kemampuan Brio dalam menampung postur tubuh orang dewasa. Kedua-duanya masih lumayan lapang, untuk perjalanan jauh Honda All New Jazz masih lebih nyaman dibandingkan kabin Honda Brio. Headrest Honda All New Jazz yang bisa menyesuaikan posisi kepala penumpang membuat kenyamanan tersendiri, Honda Brio dengan design headrest permanent tidak cocok untuk perjalanan jauh.
Interior Honda Jazz (Lebih Nyaman, Lapang dan Cocok Jarak Jauh)
 Interior Honda Brio (Simple, Hanya cocok untuk jarak dekat)

2. <<Performance Mobil>> Sama-sama punya keunggulan
Mesin Honda Brio memang spesial karena spesifikasi mesinnya adalah mesin Honda Fit yang beredar di Jepang. Kemampuannya melesatkan 0-100 km/jam hampir 10 detik adalah luar biasa untuk mobil kecil 1300 cc. Akselerasi Honda Brio bisa mengalahkan kakak-nya Honda All New Jazz. Apakah ini berarti performance Honda Brio lebih baik dari Honda Jazz ?? 
Honda Brio memang lebih unggul akselerasi di banding Jazz untuk 0-100 km/jam  tetapi untuk kecepatan > 67 km/jam Honda Jazz jauh meninggalkan Honda Brio. Dalam hal ini Honda Brio unggul diputaran bawah dan Honda Jazz unggul di putaran atas.
Kesimpulan : (Honda Brio = Mobil Kota, Honda Jazz = Mobil Kota + Luar Kota)
Honda Brio akan mampu mengungguli Honda Jazz di lalu lintas perkotaan yang padat karena akselerasi 0-60 km/jam hanya dibutuhkan 4.33 detik sedangkan Honda Jazz butuh 5 detik.
Honda All New Jazz jauh mengungguli Honda Brio > 67 km/jam sehingga untuk perjalanan jauh luar kota maka Honda All New Jazz juah mengungguli Honda Brio.
Dalam posisi diam 0 km/jam kemudian sama-sama start maka Honda Brio akan melesat lebih dulu dibanding Honda Jazz, tetapi pada kecepatan 67 km/jam Honda Jazz mulai bisa mendahului Honda Brio. Sehingga bisa disimpulkan Honda Brio sangat sesuai sebagai mobil perkotaan.
             
3. <<BAGASI>> Honda All New Jazz Pilihannya
Sebagai mobil perkotaan kapasitas bagasi akan menentukan seberapa mampu sebuah mobil membawa barang bawaan seperti barang belanjaan, barang keperluan keluarga dan keperluan olahraga.

Bagasi Honda Jazz
Bagasi Honda Jazz Muat 390-400 Liter
Honda Jazz dalam hal membawa barang sangat unggul di bandingkan Honda Brio, hal ini karena dimensi kendaraan Honda Jazz lebih panjang 30 cm. Standard Bagasi Honda Jazz sekitar 390-400 Liter dan jika dilipat bangku tenngah, maka akan didapatkan Bagasi seluas 1325 Liter. (bisa muat sepeda)
Bagasi Honda Brio Sempit
Bagasi Honda Brio Posisi Jok Tengah Terlipat.
Honda Brio mempunyai bagasi yang lebih sempit dari Honda Jazz karena dimensinya yang juga lebih pendek. Dengan bagasi < 250 Liter dan setelah dilipat bangku tengah menjadi 1000 Liter, maka Honda Brio harus mengakui kelegaan bagasi dari Honda Jazz.

Kesimpulan :

Bagasi Honda Jazz jauh lebih lapang dalam posisi apapun dibandingkan Honda Brio. Bagasi Honda Brio yang pas-pasan hanya cocok untuk keluarga kecil dimana barang bawaan belum terlalu banyak.

4. <<Radius Putar>> Honda Brio Pilihannya
Sering saat memasuki jalan yang sempit seorang pengemudi menginginkan berputar 360 derajat.......Radius putar sangat mempengaruhi apakah perlu mundur dulu posisi mobil sebelum mendapatkan posisi balik arah.

Radius Putar Honda Brio yang hanya 4.5 meter sangat gesit di putaran jalanan sempit dibandingkan Honda All New Jazz. Radius putar dipengaruhi oleh ukuran roda/ban, wheelbase dan dimensi mobil.

5. <<Harga>> Honda Brio Pilihannya
Bagaimanapun Honda Brio dan Honda Jazz adalah mobil kompak citycar yang lebih diperuntukkan untuk mobilisasi di perkotaan. Para pembeli setia Honda membeli keduanya adalah untuk para kawula muda, mahasiswa/i, ibu-ibu dan juga sedikit para keluarga dengan anak 1-2 orang. Jadi umumnya pembeli model jenis ini >80 % adalah masyarakat perkotaan yang membawa mobilnya direntang kecepatan rata-rata 60-80 km/jam. Dal hal ini Honda Brio menjadi pilihan bijaksana dan tepat karena kemampuannya berakselerasi di rentang kecepatan < 80 km/jam sangat impresif.

Honda Brio Type Terendah S M/T         Rp 149,000,000
Honda Brio Type Tertinggi E A/T          Rp 170,000,000

Sementara :

Honda All New Jazz Type Terendah S M/T    Rp 199,500,000
Honda All New Jazz Type Tertinggi  RS A/T   Rp 225,000,000            


Harga Honda Brio sangat menggoda dengan kemampuan dan teknologi yang disematkannya, rasa sensasi mengendarai Honda All New Jazz minimal masih bisa dirasakan di Honda Brio.

Kesimpulan :

Bagi pecinta Honda yang karakter mengemudinya kalem, joy, smart dan ngak suka kencang maka Honda Brio sangat cocok dengan harga yang relatif murah dibandingkan harga Honda Jazz.

Bagi yang bersifat agresif dan suka tantangan memang Honda All New Jazz masih menjadi pilihan utama.


6. <<Konsumsi BBM>> Honda Brio Pilihannya

Konsumsi BBM dalam mengendarai kendaraan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain : cara/metode dalam mengendarai, kondisi jalanan, kondisi lalu lintas, kesehatan mesin dan jenis bbm yang dipakai.

Honda Brio dengan cc yang lebih kecil tentu menjadi lebih irit dengan konsumsi bbm dalam kota 12-14 km/liter sedangkan untuk luar kota bisa tembus 17-18 km/liter.

Honda All New Jazz dengan cc yang lebih besar memang ngak bisa seirit Honda Brio, dimana konsumsi dalam kota 11-12 km/liter dan luar kota di rentang 13-15 km/liter.

Kesimpulan :

Untuk mobilisasi dalam perkotaan maka pilihan Honda Brio menjadi menarik karena keiritannya.


7. <<Value for Money>> Honda All New Jazz sudah membuktikannya

Keunggulan teknologi dan fitur yang dipakai di kedua mobil Honda Brio dan Jazz sebenarnya sangat bersaing : Teknologi i-Vtec yang bertenaga, Teknologi VSA untuk kontrol kestabilan, fitur ABS EBD, fitur Air Bag dan design konstruksi body yang dirancang tahan benturan memang sedikit banyak mengungguli kompetitornya.

Honda All New Jazz memang menempatkan diri sebagai mobil dengan harga relatif lebih mahal tetapi mendapatkan fitur dan teknologi yang lebih.........Dalam hal ini Honda All New Jazz sudah membuktikannya sejak tahun 2008 dimana harga jual bekasnyapun juga masih sangat bagus. Nilai depresiasi yang sangat rendah pada Honda All New Jazz membuktikan bahwa mobil ini menjadi incaran para pemburu mobil berkualitas.

Honda Brio masih harus membuktikan Value for Money karena di kelas 1200-1300 cc pesaingnya sangat banyak.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz