Penjualan global Yamaha Motor di seluruh dunia tahun lalu turun 5,4
persen. Sedangkan laba berkurang 72,2 persen. Namun di penghujung
tahun, Yamaha mengklaim keuntungan cukup besar. Hal tersebut diungkap
ketika manajemen Yamaha mengumumkan rencana menengah barunya untuk
2013-2015. Salah satunya dengan mengusung slogan global baru "Revs your
Heart".
Nilai total penjualan bersih mencapai 1,207 triliun yen (Rp 12,542
triliun), turun dari tahun sebelumnya 1,276 triliun yen (Rp 13,259
triliun). Keuntungan perusahaan mencapai 7,5 miliar yen (Rp 779,3
miliar) , jauh dibandingkan tahun sebelumnya 27 miliar yen (Rp 2,8
triliun).Laba perusahaan merosot karena penguatan yen yang terjadi
sepanjang tahun lalu plus turunnya penjualan di negara kunci seperti
Eropa, Indonesia dan Brasil. Sementara di Amerika Utara penjualan hanya
62.000 unit, turun 2 persen dari tahun sebelumnya 64.000 unit.
Tahun lalu, Yamaha hanya bisa menjual 6,09 juta unit sepeda motor dan
skuter. Tahun seelumnya malah 6,98 juta unit. Nilai keuntungan penjualan
sepeda motor mencapai 798,7 miliar yen (Rp 82,997 triliun), juga turun
dari sebelumnya 887,6 miliar yen (Rp 92,235 triliun). Keuntungan
berkurang sekitar 200 juta yen (Rp 20,7 miliar) berasal dari bisnis
sepeda motor.
250 Model
Yamaha optimis tahun ini bisa kembali
mendongkrak keuntungan dengan strategi jangka menengah yang
diumumkannya akhir tahun lalu. Untuk itu disiapkan 250 model dari 2013
sampai 2015 di seluruh dunia, termasuk sepeda motor, mesin tempel,
generator dan perkakas industri. Pada tahun in, Yamaha siap melansir 65
model baru, setengahnya adalah sepeda moto untuk pasar maju dan
berkembang.
Khusus untuk negara berkembang di Asia, seperti Indonesia, Yamaha
fokus menelurkan sepeda motor dengan mesin injeksi. Juga disiapkan
skuter baru untuk India. Sedangkan Brasil diumpani dengan model-model
baru. Pasar negara maju seperti Eropa dan Amerika Serikat disiapkan
beberapa model baru untuk mengisi segmen sport, cruiser dan motocross.
Tahun ini, Yamaha berharap penjualannya di Amerika Utara kembali normal
menyentuh 64.000 unit, dan terus naik sampai 89.000 unit pada 2015.
Dengan meluncurkan beberapa model baru, Yamaha berharap bisa mendongkrak
permintaan di AS menjadi 600.000 unit pada 2015 dari tahun lalu hanya
452.000 unit. Tahun ini Yamaha mematok target penjualan sepeda
motornya 6,95 juta unit!