Headlines News :
Home » , , » Alasan Pilih Komponen Palsu, Karena Harga Murah

Alasan Pilih Komponen Palsu, Karena Harga Murah

Written By www.sandhiserver.com on Rabu, 27 Februari 2013 | 10.26

Kebutuhan suku cadang paling penting bagi kelangsungan umur sebuah kendaraan, namun apakah konsumen sadar akan kualitas sebuah komponen terlebih membeli suku cadang yang tidak asli alias palsu?

Seperti yang diungkap Widyaretna Buenastusi, Presiden Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) memberikan beberapa data berdasarakan survei Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM-FEUI) di Jabotabek tahun 2011.

Hasil survei dari 500 responden memperlihatkan beberapa alasan konsumen masih memilih produk palsu. “Alasan pertama harga jauh lebih murah, pendapatan belum cukup untuk membeli produk asli, dan kualitas tidak berbeda jauh dengan produk asli,” jelas Widya saat seminar Inttelectual Property Right di City Grand Ballroom, Grand Mercure, Jakarta (25/2).

Beberapa pemikiran tersebut di atas jelas salah kata Widya. Selain sisi kerugian ada di pihak produsen, ada juga hak konsumen juga yang diabaikan. Mendapatkan komponen asli yang berkualitas adalah hak konsumen.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, komponen palsu sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Misalnya kualitas rem yang buruk akibat kampas rem palsu, tentunya bisa menyebabkan kecelakaan.

“Sayangnya konsumen cenderung takut dan tidak melaporkan jika mereka dirugikan jika mendapatkan barang palsu,” urainya. Untuk itu Widya menekankan sebaiknya pembelian komponen dilakukan di toko resmi.

“Meski konsumen belum bisa memperoleh jaminan mendapatkan produk asli dari toko yang resmi, tapi ketika terjadi masalah bisa langsung komplain ke toko tersebut dengan hak dilindungi Undang-Undang konsumen,”

sumber : OTOMOTIFNET.com
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz