Headlines News :
Home » , , , , » Grand New Fortuner VN Turbo vs Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi

Grand New Fortuner VN Turbo vs Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi

Written By www.sandhiserver.com on Selasa, 05 Maret 2013 | 12.29


Fortuner-VNT-VS-Chevrolet-Captiva

Grand New Fortuner VN Turbo dan Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi merupakan pemain di segmen SUV yang saat ini tengah beredar di pasar otomotif nasional. Meskipun berasal dari kelas yang sama dan memiliki beberapa kemiripan namun tentu ada beberapa aspek yang membedakan kedua mobil keluarga ini.
Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua mobil ini? Berikut ini perbandingan antara Grand New Fortuner VN Turbo dan Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi  :

*PERBANDINGAN EKSTERIOR
Tampilan Desain :
Toyota-Fortuner-VN-TurboToyota Fortuner VNT : Meskipun Fortuner VNT merupakan model terbaru, namun faktanya tidak ada perubahan yang terlalu signifikan dari sisi tampilannya dengan Fortuner versi terdahulu. Paling hanya air­ scoope di atas kap mesin sebagai media pendingin inter­cooler yang membedakannya. Hal inilah yang akhirnya membuat kebanyakan orang sedikit kecewa dengan Toyota. Meskipun tampilan Fortuner sudah didesain dengan sangat apik karena memberi kesan gagah dan kekar namun tetap saja khan kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang lebih dari yang namanya “pembaharuan”. Namun jika tampilannya ini harus dibandingkan dengan Chevrolet Captiva VCDi memang harus diakui bahwa Fortuner lebih unggul.
New-Chevrolet-Captiva-TurboChevrolet Captiva VCDi : Berbeda dengan Fortuner VNT yang tidak mengalami perubahan besar dari segi eksteriornya dibanding versi sebelumnya, Captiva yang terbaru justru lebih banyak mendapat sentuhan tambahan yang membuatnya jauh lebih modern dari versi terdahulunya. Mulai dari front grill yang tampil lebih gagah dengan desain yang lebih lebar serta headlamp yang terlihat lebih futuristik menyatu dengan bumper depan dengan aplikasi Projector Light menambah kental nuansa mobil ala Amerika yang sengaja diusungnya. Namun tetap saja jika berbicara tentang mana yang lebih gagah tentu siapapun akan setuju jika mobil ini kalah gagah dibandingkan Fortuner VNT, hanya saja keunggulan dari mobil ini yaitu masih sangat jarang yang menggunakannya sehingga dari segi gaya setidaknya mobil anda tidak akan pasaran.
Dimensi Mobil :
Toyota Fortuner VNT : Mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 4.705mm, lebar 1.840mm dan tinggi 1.850mm. Hal ini tentu akan menjamin tingkat akomodasinya yang lebih besar pula. Namun bodi besar selain bisa memberi keuntungan juga bisa bikin repot. Mulai dari repot jika dipacu menaiki tanjakan, repot jika ingin menyalip dengan mulus hingga repot ketika harus mencari parkir di tempat yang padat. Tapi itu khan sudah resikonya mobil dengan tipe SUV. Jadi hal ini tidak dapat diperdebatkan juga sih.
Chevrolet Captiva VCDi : Chevrolet Captiva VCDi justru memiliki dimensi bodi yang lebih ramping dibandingkan Fortuner. Sebagai perbandingan, mobil ini memiliki dimensi 4.673 x 1.849 x 1.756. Dengan kondisi seperti ini jika bicara tentang akomodasi tentu mobil ini akan sedikit kalah dibanding Fortuner VNT, namun jika melihat dari sisi fleksibilitasnya meskipun tidak akan terlalu berasa namun tetap saja mobil yang satu ini bisa dikatakan lebih unggul.

*PERBANDINGAN INTERIOR
Tampilan Kabin :
Interior-Grand-New-Fortuner-VN-TurboToyota Fortuner VNT : Sama seperti eksteriornya yang tidak mengalami perubahan besar dibanding versi terdahulunya. Sisi interior Fortuner VNT juga bernasib sama. Tidak ada perubahan yang terlalu mencolok sehingga kita tidak akan merasa asing ketika memasuki kabin mobil yang satu ini. Jok dengan nuansa two-tone yang tampak mewah masih tetap setia menemani New Fortuner VNT. Serta dasbord membosankan yang plek-ketuplek mirip dengan Kijang Innova itu juga masih bertahan bertengger disana.
Dashboard-Chevrolet-Captiva-Turbo-Diesel-VCDi-ATChevrolet Captiva VCDi : Berbeda dengan desain interior Fortuner VNT yang terasa mewah ketika pertama kali dilihat. Captiva justru terlihat lebih kalem dan jauh dari kesan istimewa. Desainnya sangat simple dan tidak neko-neko. Namun yang sedikit terlihat menyedihkan terlidapat pada materi joknya yang hanya berbahan fabric yang akan langsung terasa tidak nyaman di kulit saat pertama kali menyentuhnya.

Kenyamanan Duduk :
Jok-Grand-New-Fortuner-VN-TurboToyota Fortuner VNT : Legroom antara pengendara dan penumpang samping memang cukup lapang, bahkan bagi seukuran rata-rata orang dewasa di Indonesia Fortuner VNT malah terlalu lapang. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan pada kaki jika mobil ini digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Namun yang perlu diperhatikan terletak pada bagian atapnya. Bagi penumpang yang memiliki tinggi tubuh sekitar 170 cm rasanya agak sedikit kurang nyaman ketika duduk di jok baris ke-2 dan ke-3 karena atap Fortuner VNT terasa pendek.
Interior-Chevrolet-Captiva-Turbo-Diesel-VCDiChevrolet Captiva VCDi : Sama dengan Fortuner VNT, untuk urusan legroomnya bisa dibilang cukup lapang dan luas. Khusus pada bagian atap juga kasusnya sama dengan yang ditemui pada Fortuner VNT.
Namun kenyamanan legroom akan hilang ketika duduk di baris paling belakang dimana ruang duduk terkesan kaku dan memaksa sehingga jika anda ingin bersantai dalam perjalananan yang panjang maka duduk di jok paling belakang bukanlah pilihan yang bijak.
Bagasi :
Bagasi-Grand-New-Fortuner-VN-Turbo                       Bagasi-Chevrolet-Captiva-Turbo-Diesel-VCDi
Toyota Fortuner VNT & Chevrolet Captiva VCDi : Sebagai mobil berjenis SUV sudah barang pasti jika produsen masing-masing mobil ini telah mengedepankan sisi bagasi agar tampil lebih luas dan lega demi memberi daya angkut yang berlebih pada setiap perjalanan yang dekat maupun panjang.
Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk memperluas kapasitas bagasi adalah dengan melipat jok baris paling belakang. Untungnya kedua varian ini sama-sama menawarkan fitur jok lipat sehingga dapat memberikan kapasitas bagasi yang bukan main lapangnya untuk menaruh barang-barang bawaan anda dan keluarga.
*PERBANDINGAN PERFORMA :
Handling :
Sebelum membahasnya terlebih jauh, sekali lagi kami ingatkan disini bahwa perlu dipahami mobil dengan tipe SUV memang memiliki titik kelemahan dari handlingnya yang kurang greget sehingga member kesan kurang lincah. Hal ini lebih dikarenakan dimensinya yang lebih besar sehingga memberikan bobot yang lebih berat pula.
Toyota Fortuner VNT : Meskipun pada Fortuner VNT tipe teranyarnya ini pihak Toyota menjanjikan handling yang lebih friendly dibanding versi sebelumnya namun hokum fisika tetap berbicara. Selain memiliki pergerakan yang masih kaku, bukan saja saat manuver cepat namun saat dipacu dengan kecepatan sedangpun masih terasa gejala limbung ketika berbelok. Kaki-kaki yang telah ditopang oleh Double Wishbone with Coil Spring & stabilizer dibagian depan dan 4 Link w/ Lateral Rod and Coil Spring untuk belakangnya sepertinya masih kurang mampu mengimbangi bobot badannya walau pada varian yang terbaru inipun sudah dilengkapi dengan suspensi yang lebih keras. Bahkan imbas dari pemakaian sokbreker yang lebih keras juga terasa pada gerakan suspensi saat berada di jalan berlubang atau kerikil.
Chevrolet Captiva VCDi : Jika bicara masalah handling maka Chevrolet Captiva VCDi justru lebih unggul dan lebih lincah dari Fortuner VNT. Memang bodi masih akan terasa sedikit limbung namun mobil ini lebih enak ketika diajak bermanuver karena desain bodinya yang lebih dinamis.
Dukungan suspensi McPherson Strut with Coil Spring di sektor depan dan Independent for 4 Link with Coil Spring Self Levelizer pada bagian belakang terbukti mampu beradaptasi sesuai medan yang dilalui karena dapat mendeteksi berat beban yang ada di kabin dan melakukan settingan secara otomatis. Dengan begitu, mobil ini tidak akan terlihat membawa muatan berlebih karena selalu menyesuaikan kekerasannya dengan medan yang dilalui. Belum lagi ia juga ditopang dengan Rack & Pinion with Hydraulic juga Hydraulic Power Assisted Steering untuk system steeringnya sehingga memberikan kenyamanan yang cukup baik di hampir semua jenis permukaan jalan.
Power :
Mesin-Grand-New-Fortuner-VN-TurboToyota Fortuner VNT : New Fortuner VNT memang hadir dengan dapur pacu yang telah ditingkatkan guna menghapus kekurangan yang terdapat pada versinya yang terdahulu. Dan pengaplikasian teknologi VNT memang benar-benar terbukti mendongkrak tenaganya sekian persen dari sebelumnya. Jika sebelumnya Fortuner  lama dengan mesin 2.494 cc 4-silinder common-rail hanya menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 265 Nm, dengan tambahan VNT plus intercooler yang terbaru ini maka tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 144 dk dan torsi 350 Nm.
Ketika anda mengendarai mobil ini, baik dari putaran atas hingga bawah rasanya terus terisi sehingga suplai power tidak terasa kosong. Namun agak sedikit berbeda pada varian matiknya yang rasanya masih sedikit lamban di bawah, hal ini sepertinya disengaja untuk menghadapi kondisi jalanan perkotaan yang rawan macet. Namun putaran atasnya tak kalah bertenaga dengan variannya yang manual.
Mesin-Captiva-Turbo-Diesel-VCDiChevrolet Captiva VCDi : Meskipun Fortuner terbaru mengusung mesin yang baru pula namun tetap saja tenaganya tidak dapat mengalahkan Cativa yang terbukti memiliki power lebih besar. Mobil ini dieselnya dilengkapi dengan mesin 2.0L turbodiesel VCDi, serta dapat memuntahkan tenaga hingga 163 PS dan torsi 360 Nm.
Kesenyapan
Toyota Fortuner VNT : Khusus soal peredaman kabin, suara mesin diesel Fortuner VNT ini masih terdengar masuk ke dalam kabin, apalagi saat pedal gas diinjak agak dalam.
Chevrolet Captiva VCDi : Satu hal yang menjadi point lebih dari interior VCDi yaitu tingkat kekedapannya hingga suara bising diluar dapat diredam dengan baik sehingga tak menggangu kenyamanan di dalam kabin.
Konsumsi Bahan Bakar :
Konsumsi bahan bakar untuk dalam kota di antara kedua SUV ini relatif tak terpaut jauh. Meski kalau untuk rute luar kota bisa dikatakan bahwa New Captiva sedikit lebih irit dibandingkan New Fortuner VNT. Namun hal ini kembali lagi pada bagaimana cara anda mengemudikan kendaraan anda tersebut.

*VARIAN :
Toyota Fortuner VNT:  Toyota menyediakan Fortuner VNT dalam varian yang komplit yakni transmisi manual dan otomatis.
Chevrolet Captiva VCDi : Tidak ada pilihan lain karena Chevy hanya membekali varian Captiva VCDi dengan transmisi otomatis saja.

*PERBANDINGAN HARGA :
Grand New Fortuner VN Turbo harganya terpaut agak jauh lebih mahal dibandingkan Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi yang sedikit lebih ramah di kantong.
Berikut ini daftar harga Grand New Fortuner VN Turbo terbaru per Desember 2012 :
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T            Rp. 387.000.000,-
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T            Rp. 397.000.000,-
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD     Rp. 411.900,000,-
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD     Rp. 421.900,000,-
Berikut ini daftar harga Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi terbaru per Desember 2012 :
  • Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi AT – FWD : Rp. 363.000.000,-
  • Chevrolet Captiva Turbo Diesel VCDi AT- FWD Pearl White : Rp. 369.000.000,-

*PERBANDINGAN HARGA JUAL KEMBALI (PURNA JUAL) :
Toyota Fortuner VNT jauh lebih unggul karena harga jual secondnya bisa lebih mahal dibanding Captiva yang harga purna jualnya masih tidak terlalu memuaskan.

*KESIMPULANNYA ?
Setelah membaca perbandingannya di atas, mana yang lebih anda pilih sebagai SUV terbaik ? Perlu dipahami bahwa penilaian atas sebuah mobil selalu bersifat subyektif. Jika anda sedang ingin memutuskan untuk membeli sebuah mobil maka keputusan yang paling bijak adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya kemudian melakukan test drive sendiri dan menilainya langsung dari sudut pandang anda pribadi.
Lagipula mungkin beberapa perbandingan di atas sedikit berbeda atau mungkin sangat jauh melenceng dengan pandangan pribadi yang sobat otomotif miliki saat ini. Karena itulah artikel ini hanya bersifat untuk memberikan sedikit masukan dengan meniadakan unsur mengurangi atau melebih-lebihkan model tertentu. Barangkali saja ada diantara sobat otomotif lainnya yang ingin menambahkan ?

sumber : blog otomotif
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz