Headlines News :
Home » , , » Fakta Tentang Kesetrum

Fakta Tentang Kesetrum

Written By Admin on Minggu, 06 Juli 2014 | 17.32


Fakta tentang kesetrum memang sering menjadi salah satu hal yang dipertanyakan semua orang. Apakah anda pernah merasakan bagaimana rasanya kesetrum? Kesetrum adalah peristiwa tersengatnya arus listrik karena secara kebetulan mungkin kita sudah menyentuh kabel yang beraliran listrik, atau pada colokan listrik yang ada di dinding, dan bisa juga pada saat kita sedang memasang lampu. Kita memang harus berhati-hati, karena sengatan listrik ini bisa sangat membahayakan jiwa seseorang.

Fakta tentang kesetrum juga dipertanyakan ketika kita melihat burung-burung yang sedang asyik bertengger di atas kabel listrik. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah burung-burung tersebut tidak kesetrum? Mengapa demikian? Bukankah seharusnya burung-burung yang bertengger di kabel listrik tersebut terkena setrum juga?

Arus listrik itu sendiri merupakan aliran elektron, misalnya saja lampu di rumah kita bisa menyala karena adanya aliran elektron yang diberi jalan untuk bisa melalui dan memanaskan kawat pijar di dalam bola lampu sehingga bisa hidup dan menyala terang. Semua arus listrik ada umumnya bakal menjalani siklus mulai dari tempat dia berangkat (yaitu di pembangkit listrik) lalu akan melewati alat-alat listrik yang ada di rumah kita, dan kemudian berakhir di bumi (ground).

Arus listrik dengan konsep jalur cepat ini bisa mengindarkan kita dari bahaya kesetrum, yaitu dengan cara memotong jalan, seperti dengan menggunakan
sendal karet, atau bisa saja dengan menggunakan karpet di alas kaki kita. Kalau kurang jelas, kita juga bisa mengamati petugas servis listrik yang sedang memperbaiki listrik, mereka pasti akan menggunakan peralatan yang tak bisa menghantarkan listrik seperti dengan karet, kayu, ataupun plastik. Benda-benda berhahan seperti itulah yang disebut dengan istilah insulator.

Dan juga perlu diketahui, kaki-kaki dari burung itu juga relatif berjarak saling berdekatan, sehingga tak menimbulkan perbedaan energi antara kaki yang satu dengan kaki lainnya. Dalam beberapa kejadian, apabila kita sedang kehujanan yang disertai juga dengan petir, seharusnya kita tidak boleh berlari, karena apabila kita berlari, akan terjadi terjadi tegangan langkah diantara kedua kaki kita yang akan memberikan ancaman jika kebetulan saja ada petir yang menyambar pohon tak jauh dari diri kita.
Arus listrik yang akan menyambar pohon iut bisa saja berpindah dan menyambar kaki kita, sehingga kitapun bisa kesetrum.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz