Headlines News :
Home » , , » Apa Itu Creepypasta?

Apa Itu Creepypasta?

Written By Admin on Minggu, 28 Desember 2014 | 20.13

Creepypasta - menurut beberapa sumber yang pernah saya baca - adalah istilah plesetan dari “copypasta” yakni istilah slang di internet untuk tulisan yang dicopas dari sebuah situs ke situs yang lain, namun sesuai dengan namanya, yang di-copas ini adalah hal-hal yang bertema creepy atau menyeramkan, biasanya cerita pendek atau gambar/foto yang memang sangat mudah untuk di-copas dan disebarluaskan.
Nah, ada hal yang menarik dibalik sebuah creepypasta menurut saya. Karena ceritanya yang biasanya singkat, sebuah creepypasta harus bisa memberikan kesan yang mendalam melalui cerita yang sangat pendek tersebut.  Tentu saja kesan yang mendalam di sini maksudnya adalah ketakutan. Sehingga sebuah creepypasta dinyatakan berhasil apabila mampu membuat bulu kuduk pembacanya merinding, atau sukses besar jika sampai terbawa mimpi.
Dalam creepypasta, kita tidak dituntut untuk memberikan cerita yang utuh, sebuah creepypasta bisa saja berupa percakapan pendek, sebuah narasi pengalaman, atau bahkan cuma sekedar gambaran sebuah adegan. Pendeknya cerita creepypasta membuat orang tidak bosan membacanya, dan langsung mengena rasa takutnya. Terlebih banyak creepypasta yang disertai dengan foto-foto menyeramkan. Tentu akan membuat bulu kuduk gampang merinding, apalagi jika dibaca sendirian, di tengah malam, dan di tengah kuburan.
13870048581537718556
sumber gambar : http://creepypasta.wikia.com/
Ketakutan Berasal dari Sepengetahuan
Banyak orang yang bilang ketakutan berasal dari ketidaktahuan. Mungkin ada benarnya juga, tapi itu agak tidak tepat dalam cerita-cerita creepypasta. Karena justru ketakutan itu muncul ketika kita mengetahui kejanggalan dari sebuah cerita.
Misalnya sebuah creepypasta yang sangat terkenal berikut ini :
Lampu Kamar Malam itu, aku sangat ketakutan gara-gara membaca sebuah cerita yang amat sangat menakutkan di sebuah website.
Yang lebih parah lagi saat itu aku sendirian di rumah karena orang tuaku pergi ke luar kota. Jadi, Aku menyalakan lampu di kamarku dan lampu-lampu seluruh koridor yang menuntunku menuju kamar mandi. Suasana yang terang itu membuatku merasa lebih baik.
Satu-satunya hal yang menakutkanku adalah ketika aku harus pergi ke kamar mandi tengah malam. Untungnya tidak ada hal buruk yang terjadi, hingga aku kembali ke kamar dan menyalakan lampu kamarku. Semua menjadi terang dan kamarku masih terlihat normal, tapi entah kenapa bulu kudukku merinding.
Ada yang aneh? Ada, jelas ada yang janggal karena seharusnya lampu masih menyala, ketika tokoh “Aku” meninggalkan kamarnya. Tapi ketika kembali ke kamar, ia harus menyalakan kembali lampu kamarnya tersebut. Lalu siapa yang mematikannya sementara ia sendirian di rumah???
Kekuatan menakutkan dari sebuah cerita horor adalah ketika membayangkan kita sendiri yang mengalami kejadian horor tersebut. Tokoh “Aku” dalam cerita itu mungkin tidak tahu keanehan yang terjadi di kamarnya. Tapi kita selaku pembaca tahu bahwa ada kejanggalan di situ, bahwa lampu itu sebelumnya hidup kemudian entah kenapa mati dengan sendirinya. Hal yang membuat pembacanya agak merinding jika membayangkan situasi tersebut, yang tanpa sadar mungkin bisa terjadi juga di sekeliling kita. Hiiyy…
Bermacam Genre
Meski demikian, sebuah creepypasta seperti halnya film juga terdiri dari berbagai macam genre horor. Tidak hanya mengupas kejanggalan, atau horor ala Indonesia yang bentuk hantunya bisa dideskripsikan, tapi adapula horor yang dibumbui sedikit komedi.
Contohnya, creepypasta berikut ini :
Batu Nisan Pada suatu malam, dua orang pemuda sedang berjalan pulang setelah sebelumnya menghadiri sebuah pesta Halloween. Agar cepat sampai rumah, keduanya memutuskan untuk mengambil jalan pintas melewati pekuburan. Saat mereka berada di tengah-tengah areal pekuburan, suara ketukan pelan terdengar.
Karena situasi saat itu gelap, mereka pun ketakutan, hingga akhirnya mereka mengetahui asal suara tersebut yang ternyata berasal dari seorang kakek tua yang tengah memegang palu dan sedang memahat salah satu dari batu nisan yang ada di areal pekuburan tersebut.
“Astaga, pak… kau menakuti kami setengah mati, kami kira kau adalah hantu! Apa yang sedang kau kerjakan tengah malam begini?”, tanya salah seorang pemuda.
“Orang-orang bodoh itu…” gerutu si kakek.
“…mereka tidak mengeja namaku dengan benar.”
Serem tapi ada unsur humornya juga. Ternyata ada juga hantu yang membetulkan batu nisannya karena tidak terima namanya salah tulis -_-a
Karena sifatnya yang disebarluaskan secara bebas, sehingga terkadang banyak karya creepypasta yang tidak diketahui siapa pengarangnya, seperti dua karya di atas yang saya terjemahkan secara bebas. Kalau ada yang mengetahui siapa pengarangnya, tolong beritahu saya hehehe…
Sekian, selamat merinding ria dengan creepypasta :)

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz