Headlines News :
Home » , » Printer Komputer Ciptakan Sepeda

Printer Komputer Ciptakan Sepeda

Written By Admin on Selasa, 30 Desember 2014 | 14.43


 
Inilah sepeda pertama di dunia yang dibuat dengan mesin cetak (printer) komputer. Terbuat dari nilon, sepeda ini 65% lebih ringan daripada sepeda biasa. Jadi Anda bisa bisa bilang begini: print-kan saya sepeda.

Sepeda nilon yang diberi nama Airbike ini merupakan proyek raksasa yang memiliki ketahanan lebih besar dari baja maupun aluminium dan 65% lebih ringan. Ilmuwan di Bristol, Inggris, merancang sepeda ini di komputer lalu mengirimkan desain ke mesin cetak komputer. Bedanya, mesin tersebut memanfaatkan lapisan serbuk nilon yang meleleh.

Selain itu, komponen seperti roda, pedal dan gigi dibuat di pabrik yang berbeda kemudian dirakit kembali menjadi sepeda. Proses penggabungan komponen itu diberi nama Additive Layer Manufacturing (ALM).

Sepeda menakjubkan ini diciptakan oleh European Aeronautic Defence and Space di Filtron, dekat Bristol. Inggris. Metode pencetakan tiga dimensi memungkinkan mereka memproduksi barang dengan produk dari serbuk halus sperti nilon, plastik karbon ataupun logam seperti titanium dan aluminium. Teknologi itu juga bisa digunakan untuk industri penerbangan, motor dan mesin berat.

“Kemungkinan untuk penggunaan ALM sangat besar. Ini merupakan teknologi yang tersu berkembang. Banyak desain unik yang dimanfaatkan oleh Airbike, bantalan sadel misalnya,” ujar pemimpin teknis proyek ini, Andy Hawkins.

Kerangka Airbike dapat pula diciptakan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pengendara. Yang menarik, Airbike juga tidak memerlukan pemeliharaan konvensional.

Jadi, dengan teknologi ini Anda bisa mengatakan begini: tolong print-kan saya sepeda.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz