Online Lebih Menguntungkan?
Belanja online sekarang makin menjadi bagian dari gaya hidup.
Meskipun berbelanja ke toko biasa, entah itu di mal atau di pasar
tradisional, seringkali menjadi sarana untuk berekreasi, tapi tokoonline
juga menyediakan pengalaman belanja yang unik.
Karakter dari toko online tersebut juga sangat bermanfaat dan lebih
menguntungkan daripada berbelanja dengan cara biasa. Enggak percaya?
Simak beberapa buktinya di sini.
1. Menghemat waktu dan biaya. Menghemat biaya dalam arti mengurangi
ongkos naik taksi, ongkos bensin, atau ongkos parkir, ketika Anda
berangkat ke mal. Juga mengurangi biaya jajan, karena saat ke mal Anda
tentu juga tergoda untuk berhenti untuk ngopi-ngopi. Menghemat waktu
karena Anda tak perlu berkeliling dari toko yang satu ke toko yang lain
untuk membandingkan harga dan modelnya. Dengan berbelanja online, Anda
tinggal memainkan mouse untuk berpindah toko. Bahkan, Anda bisa
melakukannya sambil tiduran.
2. Toko online selalu memperbaiki diri. Sebab, mereka dapat menerima
masukan langsung dari pembelinya. Apa yang kurang dapat diperbaiki, dan
apa yang menjadi kelebihan dapat terus ditingkatkan. Tidak demikian
dengan toko biasa. Anda tak bisa komplain ke pemilik toko karena
pemiliknya biasanya tak ada di tempat. Jika antrian di kasir terlalu
panjang, Anda menyerah. Toko yang normal juga tak akan tahu siapa saja
yang memasuki tokonya, dan mengapa Anda membatalkan belanja Anda di
tokonya. Melalui web analytic, online store bisa mengetahui kebiasaan
pelanggannya, dan mengoptimalkan layanannya untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan.
3. Toko biasa tak menyediakan layanan search box. Alangkah enaknya
bila kita bisa masuk ke toko dan memasukkan informasi ke komputer untuk
melihat apakah benda yang Anda cari masih tersedia. Sudah repot bertanya
pada petugas penjual, ternyata product knowledge-nya parah dan
cenderung ngawur. Kesal, kan? Hal ini tidak terjadi dalam layanan toko
online. Setiap barang biasanya juga dibedakan dalam kategori
masing-masing sehingga memudahkan pencarian. Mereka juga akan selalu
merespons komentar Anda di message boards atau e-mail.
4. Di toko biasa, para pembeli tidak saling berinteraksi. Dengan
demikian, mereka tak terbiasa saling memberikan informasi mengenai
barang yang dibeli. Di toko online, Anda bisa membaca testimoni dari
para pelanggan yang merasa puas dengan barang atau layanan yang
diberikan. Anda juga mengetahui apa saja kekurangan toko ini dari
pelanggan tersebut. Toko tentu tak akan membiarkan komentar negatif ini
memengaruhi keinginan calon pembeli lain untuk berbelanja, bukan? Karena
itu, mereka selalu berusaha memperbaiki layanan.
5. Toko biasa tak menyediakan rekomendasi. Kalaupun staf penjualnya
memberi rekomendasi, seringkali tak sesuai keinginan atau selera Anda.
Toko online seperti Amazon, misalnya, juga memberikan rekomendasi
mengenai barang-barang lain yang mungkin ada kaitannya dengan barang
yang Anda cari. Jadi seandainya barang yang Anda cari tak tersedia, Anda
bisa mendapatkan alternatif lain.
6. Tak perlu menerima gangguan lain. Di toko biasa, kadang Anda harus
berdesakan, berebut barang dengan orang lain, atau mendengar anak yang
merengek. Belum lagi mendengarkan musik yang berdentum-dentum memekakkan
telinga, mendengar staf penjual yang sibuk bercanda sendiri dengan staf
toko sebelah (karena tokonya sepi pengunjung), atau merasakan pendingin
udara yang terlalu dingin. Di toko online, hal ini jelas tak Anda
temui.