New York - Sejumlah tekanan kerja dan tumpukan tugas seringkali
membuat para pegawai merasa stres di kantor. Sebuah laporan lembaga
riset global mencatat sebanyak 63 persen pegawai merasa tidak bahagia di
tempat kerja.
Mengutip laman Business Insider, meski didera banyak tekanan, para pegawai sebenarnya dapat dengan mudah merasa bahagia di kantor.
Setelah menggelar serangkaian penelitian, Profesor Keith King dari University of Cincinnati, Amerika Serikat, menyatakan, para pegawai hanya butuh waktu lima menit untuk mempersiapkan diri menghadapi sejumlah pekerjaan di kantor.
Dengan serangkaian persiapan singkat, para pegawai dapat melalui hari-hari kerja dengan penuh semangat dan tanpa rasa tertekan. Berikut tiga trik sederhana yang bisa dilakukan dalam waktu singkat yang disarankan oleh Profesor King:
1. Tenangkan diri dengan mengatur nafas
Saat merasa tertekan, Anda perlu memperlambat ritme kerja di kantor. Anda perlu beristirahat sebentar dan menghirup nafas dalam-dalam lalu mengeluarkannya secara perlahan.
Meskipun bernafas tampak seperti hal yang paling mudah di dunia, tapi langkah tersebut dapat mengendalikan emosi di kantor. Jadi saat Anda sedang stres, sempatkan lima menit untuk sekadar mengatuf nafas.
Sederhananya, Anda melakukan meditasi demi menenangkan pikiran.
2. Menghubungi teman
Setiap orang memiliki telepon seluler yang bisa digunakan kapan saja. Telepon sahabat terdekat Anda dan ungkapkan seluruh perasaan yang mengganggu karena pekerjaan di kantor.
Menurut sebuah penelitian, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dapat memberikan pengaruh positif pada produktivitas di kantor.
3. Cek, apakah Anda terlalu lelah
Ketika perasaan stres muncul, Anda sebaiknya segera memeriksa diri sendiri, apakah sedang lelah atau lapar. Pasalnya, penelitian tersebut menunjukkan, rasa lapar dapat membuat seseorang lebih sensitif dan mudah tersinggung.
Jadi sisihkan lima menit untuk mengkonsumsi makanan yang lezat dan reguklah secangkir kopi untuk menyegarkan pikiran.
sumber : bisnis.liputan6.com
Mengutip laman Business Insider, meski didera banyak tekanan, para pegawai sebenarnya dapat dengan mudah merasa bahagia di kantor.
Setelah menggelar serangkaian penelitian, Profesor Keith King dari University of Cincinnati, Amerika Serikat, menyatakan, para pegawai hanya butuh waktu lima menit untuk mempersiapkan diri menghadapi sejumlah pekerjaan di kantor.
Dengan serangkaian persiapan singkat, para pegawai dapat melalui hari-hari kerja dengan penuh semangat dan tanpa rasa tertekan. Berikut tiga trik sederhana yang bisa dilakukan dalam waktu singkat yang disarankan oleh Profesor King:
1. Tenangkan diri dengan mengatur nafas
Saat merasa tertekan, Anda perlu memperlambat ritme kerja di kantor. Anda perlu beristirahat sebentar dan menghirup nafas dalam-dalam lalu mengeluarkannya secara perlahan.
Meskipun bernafas tampak seperti hal yang paling mudah di dunia, tapi langkah tersebut dapat mengendalikan emosi di kantor. Jadi saat Anda sedang stres, sempatkan lima menit untuk sekadar mengatuf nafas.
Sederhananya, Anda melakukan meditasi demi menenangkan pikiran.
2. Menghubungi teman
Setiap orang memiliki telepon seluler yang bisa digunakan kapan saja. Telepon sahabat terdekat Anda dan ungkapkan seluruh perasaan yang mengganggu karena pekerjaan di kantor.
Menurut sebuah penelitian, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dapat memberikan pengaruh positif pada produktivitas di kantor.
3. Cek, apakah Anda terlalu lelah
Ketika perasaan stres muncul, Anda sebaiknya segera memeriksa diri sendiri, apakah sedang lelah atau lapar. Pasalnya, penelitian tersebut menunjukkan, rasa lapar dapat membuat seseorang lebih sensitif dan mudah tersinggung.
Jadi sisihkan lima menit untuk mengkonsumsi makanan yang lezat dan reguklah secangkir kopi untuk menyegarkan pikiran.
sumber : bisnis.liputan6.com