Perbandingan Motor Yamaha Vixion Dan Yamaha R15. Sejak tahun 1990an pabrikan Yamaha belum pernah mengeluarkan motor sport
dengan model full fairing lai sejak era Yamaha TZM 150. Tetapi
sebenarnya pada tahun 2000 pernah diluncurkan Yamaha Touch dengan full
fairing tetapi hanya bertahan beberapa bulan saja karena menggunakan
mesin 2 tak yang pada saat itu sudah mulai punah. Terlebih lagi
diberlakukannya aturan EURO 3 yang mengharuskan kendaraan bermotor
memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan.
Setelah lama sekali tidak mengeluarkan
motor sport full fairing, kini tahun 2014 Yamaha kembali menghidupkannya
melalui Yamaha R15. Selain Yamaha R15
sudah meluncur beberapa seri R lainnya seperti R1 dan R6 di Indonesia,
sementara itu untuk Yamaha R25 masih dalam proses diluncurkan dalam
waktu dekat ini.
Melirik sasis yang digunakan oleh Yamaha R15 adalah sama dengan Yamaha New Vixion 2014.
Kemudian untuk transmisi mesin sudah menggunakan 6 percepatan,
sementara Vixion Lightning masih 5 percepatan. Kemudian sebagian besar
teknologi seperti gear box, crank case, mesin 1 silinder SOHC dengan
radiator air masih sama dengan Yamaha Vixion. Lalu apa perbedaannya?
Berikut ini tabel perbedaannya.
Yamaha R15 | Yamaha New Vixion | Yamaha Old Vixion | |
Desain | Faired Sport | Naked Sport | Naked Sport |
MESIN |
|||
Tipe mesin | Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve | 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan |
4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
|
Volume Silinder | 149.8cc | 149.8cc | 149.8cc |
bore * stroke | 57 × 58.7mm | 57 × 58.7mm | 57 × 58.7mm |
Raiso kompresi | 10,4 :1 | 10,4 :1 | 10,4 :1 |
power max | 17PS ( 12,5.. KW )/ 8,500rpm |
16,59 PS (12.2 kW) / 8.500 rpm.
|
15,09 PS (11,1 kW) / 8500 rpm |
torque max | 15N.m / 7,500rpmm | 14,5 Nm (1.48 kgf-m) / 7.500 rpm | 13,1 Nm / 7500 rpm |
sistem starter | ELECTRIC | ELECTRIC, ELECTIc dan KICK | ELECTIc dan KICK |
sistem pelumas | wet sump | basah | basah |
kapasitas oli | 1,15 L | 1,15 L | 1,15 L |
fuel suplly | Fuel Injection | Fuel Injection Throtlle body AC 28 -1 |
Fuel Injection |
Pengapian | T.C.I | T.C.I | T.C.I |
tipe kopling | Wet Multiple-disc | Basah, Kopling Manual, Multiplat | Basah, Kopling Manual, Multiplat |
tipe transmisisi | Return type 6-speed | Return type 5-speed | Return type 5-speed |
pola transmisi | 1N23456 | 1N2345 | 1N2345 |
gear rasio |
1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364,
4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84
|
- | - |
Primary/Secondary | 3.042 / 3.133 | - | - |
CHASSIS | |||
Tipe Rangka
|
|||
Caster / Trail | Delta box | ||
Tire size (Front / Rear) | 26° / 98mm | ||
Brake type (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) | cakram depan belakang Tromol |
Suspension type (Front / Rear) | telescopic/ monoshock monocros | telescopic/ monoshock monocros | telescopic/ monoshock monocros |
Tyre size ( front /rear ) |
90/80
130/70
17”
|
90/80
120/70
17”
|
2,75 90/90 17” |
Headlight | Lo beam12V/35W X1, Hi beam12V/35W X2 | 35/35 W single | 35/35 W single |
Battery | 12V, 3.5Ah (10H) |
YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
|
YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah) |
Fuel Tank | 12 liter | 12 liter | 12 liter |
DIMENSI | |||
PxLxT | 1,970mm x 670mm × 1,070mm | 2.010 mm x 705 mm x 1.030 mm | 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm |
tinggi Jok | 800mm |
790 mm
|
790 mm |
jarak as | 1,345mm |
1.300 mm
|
1.282 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 160mm | 165 | 167 mm |
berat isi ( curb ) | 136Kg | 129 KG | 125Kg |
model SEAT | split seat | double set | double seat |
Swing ARm | Banana Alumunium | pipa kotak | pipa kota ujung gepeng ( press ) |
R15
|
New Vixion
|
Old Vixion
|
|
Power | 17 PS | 16,59 PS | 15,09 PS |
Berat isi | 136 KG | 129 KG | 125 KG |
PWR | 0,125 | 0,1286 | 0,120 |
Selain spesifikasi di atas juga terdapat beberapa perbedaan dalam hal desain, antara lain:
Kunci Kontak - Menggunakan kunci kontak model magnet.
Lampu Depan Otomatis
- Tidak terdapat switch lampu, jadi lampu akan menyala sepanjang hari
selama mesin masih menyala. Hal tersebut terkait aturan di Indonesia
yang mewajibkan kendaraan bermotor menyalakan lampu di siang hari.
Desain Kunci Kontak
- Bentuk kunci kontak dibuat dengan teknologi laser sehingga
menghasilkan desain yang presisi dan halus. Dalam hal ini Yamaha Vixion
Lightning juga sudah menerapkannya.
Sari Guard - Sari Guard
adalah pelindung yang bertunjuan untuk melindungi bodi motor dari
pakaian pengemudi yang tersangkut. Fitur ini untuk Yamaha R15
dihilangkan sehingga semakin sporty pada bagian bawah motor
Spakbor - Desain spakbor dibuat lebih pendek, sedangkan untuk Yamaha Vixion lebih panjang.
Footstep - Bentuk Footstep Yamaha R15 terlihat lebih simple dan elegan dengan 3 buah lubang plat.