Headlines News :
Home » , , » Perbedaan Yamaha Vixion vs Yamaha R15, Spesifikasi Dan Desain!

Perbedaan Yamaha Vixion vs Yamaha R15, Spesifikasi Dan Desain!

Written By Admin on Minggu, 04 Mei 2014 | 15.20

Perbandingan Motor Yamaha Vixion Dan Yamaha R15. Sejak tahun 1990an pabrikan Yamaha belum pernah mengeluarkan motor sport dengan model full fairing lai sejak era Yamaha TZM 150. Tetapi sebenarnya pada tahun 2000 pernah diluncurkan Yamaha Touch dengan full fairing tetapi hanya bertahan beberapa bulan saja karena menggunakan mesin 2 tak yang pada saat itu sudah mulai punah. Terlebih lagi diberlakukannya aturan EURO 3 yang mengharuskan kendaraan bermotor memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan.
Setelah lama sekali tidak mengeluarkan motor sport full fairing, kini tahun 2014 Yamaha kembali menghidupkannya melalui Yamaha R15. Selain Yamaha R15 sudah meluncur beberapa seri R lainnya seperti R1 dan R6 di Indonesia, sementara itu untuk Yamaha R25 masih dalam proses diluncurkan dalam waktu dekat ini.
Melirik sasis yang digunakan oleh Yamaha R15 adalah sama dengan Yamaha New Vixion 2014. Kemudian untuk transmisi mesin sudah menggunakan 6 percepatan, sementara Vixion Lightning masih 5 percepatan. Kemudian sebagian besar teknologi seperti gear box, crank case, mesin 1 silinder SOHC dengan radiator air masih sama dengan Yamaha Vixion. Lalu apa perbedaannya? Berikut ini tabel perbedaannya.


Yamaha R15 Yamaha New Vixion Yamaha Old Vixion
Desain Faired Sport Naked Sport Naked Sport

MESIN



Tipe mesin Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Volume Silinder 149.8cc 149.8cc 149.8cc
bore * stroke 57 × 58.7mm 57 × 58.7mm 57 × 58.7mm
Raiso kompresi 10,4 :1 10,4 :1 10,4 :1
power max 17PS ( 12,5.. KW )/ 8,500rpm
16,59 PS (12.2 kW) / 8.500 rpm.
15,09 PS (11,1 kW) / 8500 rpm
torque max 15N.m / 7,500rpmm 14,5 Nm (1.48 kgf-m) / 7.500 rpm 13,1 Nm / 7500 rpm
sistem starter ELECTRIC ELECTRIC, ELECTIc dan KICK ELECTIc dan KICK
sistem pelumas wet sump basah basah
kapasitas oli 1,15 L 1,15 L 1,15 L
fuel suplly Fuel Injection Fuel Injection
Throtlle body AC 28 -1
Fuel Injection
Pengapian T.C.I T.C.I T.C.I
tipe kopling Wet Multiple-disc Basah, Kopling Manual, Multiplat Basah, Kopling Manual, Multiplat
tipe transmisisi Return type 6-speed Return type 5-speed Return type 5-speed
pola transmisi 1N23456 1N2345 1N2345
gear rasio
1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364,
4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84
- -
Primary/Secondary 3.042 / 3.133 - -

CHASSIS

Tipe Rangka



Caster / Trail Delta box

Tire size (Front / Rear) 26° / 98mm

Brake type (Front / Rear) Hydraulic, single disc (Front / Rear) Hydraulic, single disc (Front / Rear) cakram depan
belakang Tromol
Suspension type (Front / Rear) telescopic/ monoshock monocros telescopic/ monoshock monocros telescopic/ monoshock monocros
Tyre size ( front /rear )
90/80
130/70
17”
90/80
120/70
17”
2,75
90/90
17”
Headlight Lo beam12V/35W X1, Hi beam12V/35W X2 35/35 W single 35/35 W single
Battery 12V, 3.5Ah (10H)
YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
Fuel Tank 12 liter 12 liter 12 liter

DIMENSI

PxLxT 1,970mm x 670mm × 1,070mm 2.010 mm x 705 mm x 1.030 mm 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
tinggi Jok 800mm
790 mm
790 mm
jarak as 1,345mm
1.300 mm
1.282 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 160mm 165 167 mm
berat isi ( curb ) 136Kg 129 KG 125Kg
model SEAT split seat double set double seat
Swing ARm Banana Alumunium pipa kotak pipa kota ujung gepeng ( press )

R15
New Vixion
Old Vixion
Power 17 PS 16,59 PS 15,09 PS
Berat isi 136 KG 129 KG 125 KG
PWR 0,125 0,1286 0,120
Selain spesifikasi di atas juga terdapat beberapa perbedaan dalam hal desain, antara lain:
Kunci Kontak - Menggunakan kunci kontak model magnet.
Lampu Depan Otomatis - Tidak terdapat switch lampu, jadi lampu akan menyala sepanjang hari selama mesin masih menyala. Hal tersebut terkait aturan di Indonesia yang mewajibkan kendaraan bermotor menyalakan lampu di siang hari.
Desain Kunci Kontak - Bentuk kunci kontak dibuat dengan teknologi laser sehingga menghasilkan desain yang presisi dan halus. Dalam hal ini Yamaha Vixion Lightning juga sudah menerapkannya.
Sari Guard - Sari Guard adalah pelindung yang bertunjuan untuk melindungi bodi motor dari pakaian pengemudi yang tersangkut. Fitur ini untuk Yamaha R15 dihilangkan sehingga semakin sporty pada bagian bawah motor
Spakbor - Desain spakbor dibuat lebih pendek, sedangkan untuk Yamaha Vixion lebih panjang.
Footstep - Bentuk Footstep Yamaha R15 terlihat lebih simple dan elegan dengan 3 buah lubang plat.

Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz