Headlines News :
Home » , » Benarkah Brachiosaurus Nenek Moyang Jerapah

Benarkah Brachiosaurus Nenek Moyang Jerapah

Written By Admin on Minggu, 03 Maret 2013 | 17.06

detail berita
Ilustrasi Brachiosaurus (Foto: Wikidino)
Brachiosaurus merupakan dinosaurus berleher panjang dan pemakan tumbuhan (herbivora). Dengan lehernya yang panjang, benarkah dinosaurus ini merupakan cikal bakal mamalia modern, jerapah?

Dilansir Howitworksdaily, Minggu (3/3/2013), brachiosaurus pernah hidup sekira 150 juta tahun lalu. Ketika dinosaurus dengan tinggi 14 meter dan panjang tubuh mencapai 26,5 meter ini punah, telah ada mamalia awal bernama Eutheria yang hidup bersama dinosaurus.

Eutheria diyakini sebagai hewan masa lampau sebagai cikal bakal ordo Artiodactyla (hewan mamalia berkuku genap). Lalu, ordo Artiodactyla ini kemudian memunculkan jerapah modern seperti saat ini. Sehingga, ilmuwan menyimpulkan bahwa Brachiosaurus bukanlah nenek moyang jerapah modern.

Berdasarkan penelitian terbaru, nenek moyang brachiosaurus dan jerapah ialah vertebrata amniote, yang merupakan hewan antara reptil dan amfibi. Hewan tersebut diyakini pernah hidup 340 juta tahun lalu.

Wikipedia menerangkan, brachiosaurus memiliki berat hingga 50-70 ton. Brachiosaurus termasuk satu dari tujuh dinosaurus terbesar sepanjang masa. 

Fosil brachiosaurus ditemukan pada tahun 1902 di Amerika Serikat oleh Elmer Smith Ringgs. Fosil brachiosaurus ditemukan di Morisson Formation B (Amerika Serikat) dan Tendaguru Beds (Tanzania).

Kerangka brachiosaurus terlengkap dipajang di Museum Humboldt, Berlin. Kerangka ini memiliki panjang 22,5 meter dan tinggi hampir 12 meter dengan berat 27,2 sampai 49 ton.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz