Headlines News :
Home » , , , » 5 ‘Knock-Out’ Terbaik Dalam Sejarah Tinju Dunia (Bagian – II Habis)

5 ‘Knock-Out’ Terbaik Dalam Sejarah Tinju Dunia (Bagian – II Habis)

Written By Admin on Sabtu, 13 Juli 2013 | 13.35


 Salah satu cabang olahraga dunia yang banyak penggemar dan peminatnya adalah tinju. Sejak diperkenalkan ke publik sebagai salah satu olahraga, tinju kerap kali menyedot antusiasme masyarakat dunia, meskipun bisa berakhir berdarah-darah dan terlihat brutal, tetap saja dianggap menarik untuk dijadikan tontonan. Salah satu momen yang paling dinantikan adalah ketika yang dijagokan berhasil memukul ‘KO’ (knock out) lawannya. 5 ‘Knock-Out’ terbaik dalam sejarahtinju dunia:

1. Jack Dempsey vs. Luis Angel Firpo
(Sumber:wordpress.com)
Jack Dempsey vs. Luis Angel Firpo(Sumber:wordpress.com)
Dalam pertanding sarat akan gengsi ini, pemegang sabuk juara dunia kelas berat Jack Dempsey harus menghadapi Luis Angel Firpo sebagai lawannya di Polo Grounds, New York. Firpo merupakan petinju Spanyol pertama dalam sejarah yang mencoba mendapatkan titel juara dunia saat itu.
Dalam pertandingan yang berlangsung pada 14 September 1923, Dempsey hanya memerlukan dua ronde saja untuk mengkanvaskan Firpo. Meskipun kalah dengan pukulan knock out, Firpo sempat melayangkan pukulan keras yang akan diingat Dempsey. Pukulan Firpo menghempaskan tubuh Dempsey jatuh ke tali ring. Namun Dempsey bangkit di ronde ke-2 dan mendaratkan pukulan tangan kirinya di rahang Firpo hingga jatuh di atas kanvas arena. Semenjak kemenangan Dempsey, banyak petinju yang menargetkan untuk menjatuhkan lawan-lawannya di ronde ke-2, artinya lebih efisien dan efektif memukul lawan lebih baik.

2. Roberto Duran vs. Thomas Hearns
Roberto Duran vs. Thomas Hearns(Sumber:wordpress.com)
Roberto Duran vs. Thomas Hearns(Sumber:wordpress.com)
Sementara pertandingan yang berlangsung di Caesar Palace, Las Vegas, pada 15 Juni 1984, akan selalu diingat oleh petinju legendaris Roberto Duran. Dalam pertandingan bergensi tersebut, Roberto Duran harus menghadapi lawan tangguh yakni Thomas ‘Hitman’ Hearn yang memegang juara dunia kelas ringan WBC. Dan yang terjadi adalah apa yang telah diperkirakan oleh beberapa media massa di AS, Roberto Duran jatuh akibat pukulan telak Hitman yang membuatnya ‘KO’di ronde ke-2
Setelah berhasil menjatuhkan Roberto Duran, Hitman di tahun yang sama berhasil mempertahankan sabuknya setelah menjatuhkan Marvin Hagler.

3. Marvin Hagler vs. Thomas Hearns
Marvin Hagler vs. Thomas Hearns(Sumber:wordpress.com)
Marvin Hagler vs. Thomas Hearns(Sumber:wordpress.com)
Setelah berhasil menjatuhkan Roberto Duran dengan Knock Out, Thomas ‘Hitman’ Hearns kembali bertarung dengan lawan tangguh, Marvin Hagler. Pada pertandingan yang berlangsung di Caesar Palace, Las Vegas, pada 15 April 1985, Hitman harus mengalahkan Hagler jika ingin mempertahankan sabuknya. Sementara Hagler merupakan petinju dengan catatan baik, yakni 60 kemenangan yang 50 diantaranya diraih dengan knock out
Berdasarkan laporan majalah The Ring, pertarungan dua petinju tersebut merupakan yang terbaik dalam sejarah. keduanya saling beradu pukulan dalam setiap detiknya, bahkan Hagler harus mengeluarkan darah untuk menjatuhkan Hearns di ronde ke-3. Hingga hitungan kesepuluh sang Hitman hanya mampu menatap langit, hingga wasit menghentikan pertarungan. Karena keduanya telah memberikan pertarungan hebat dalam sejarah tinju di Amerika Serikat, wajah Hagler dan Hearns sering terpampang menjadi iklan olahraga selama di era 1980’an.

4. Rocky Marciano vs. Jersey Joe Walcott (Pertemuan Pertama)
Rocky Marciano vs. Jersey Joe Walcott (Pertemuan Pertama)(Sumber:wordpress.com)
Rocky Marciano vs. Jersey Joe Walcott (Pertemuan Pertama)(Sumber:wordpress.com)
Joe Walcott baru berhasil meraih titel juara dunia kelas berat di usia 37 tahun. Dan pada pertandingan yang berlangsung pada 23 September 1952, di Municipal Stadium, Philadelphia, AS, ia harus menghadapi Rocky Marciano yang telah 37 kali meng’KO’ lawannya termasuk Joe Louis.
Meski demikian, pertarungan di antara keduanya berlangsung sengit bahkan hingga ronde ke-13. Namun rupanya stamina Walcott tidak sehebat Rocky, bahkan selama pertarungan ia tidak henti-henti harus merapatkan kedua tangannya untuk menahan pukulan. Hingga akhirnya Rocky berhasil menjatuhkan Walcott di ronde terakhir dengan pukulan telak di rahangnya.

5. Mike Tyson vs. Trevor Berbick
Mike Tyson vs. Trevor Berbick(Sumber:wordpress.com)
Mike Tyson vs. Trevor Berbick(Sumber:wordpress.com)
Sementara itu pada pertandingan yang berlangsung di Las Vegas Hilton, Nevada, 22 November 1986, Trevor Berbick harus menghadapi lawan tangguh Mike Tyson. Pertarungan itu pun merupakan kesempatan emas bagi Tyson untuk meraih sabuk juara dunia WBC.
Benar saja, pada pertarungan tersebut Berbick harus merasakan bogem mentah petinju muda Mike Tyson, dan tersungkur di ronde ke-2. Bahkan selama wasit menghitung, Berbick dua kali jatuh bangun dan berjalan hingga terjatuh di tali ring. Sementara bagi Tyson berhasil mengknock-out Berbick berarti menjadikannya sebagai petinju termuda yang meraih gelar juara dunia kelas berat WBC.(**)
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

Arsip Oke Media

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz