Headlines News :
Home » , » Recording Music For Cubase 5

Recording Music For Cubase 5

Written By media wap on Rabu, 28 Oktober 2015 | 18.21


Memproduksi musik sendiri sudah bukan hal aneh di zaman serba digital. Siapa saja dapat membuat lagu, tak heran karena saat ini sebuah lagu dapat diproduksi hingga siap dipasarkan hanya dengan bermodalkan komputer tanpa harus berinvestasi membangun studio musik dengan biaya mahal.
Memproduksi musik dapat dilakukan dengan menginstal software pembuat lagu atau yang biasa disebut Digital Audio Workstation (DAW) pada komputer. Salah satu DAW yang cukup populer di dunia bernama Cubase. selayaknya studio virtual, Cubase memberikan fitur-fitur seperti studio aslinya, walaupun perlu diakui untuk mencapai kualitas yang bagus terutama dalam hal recording memang lebih baik dilakukan di dalam studio.
Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial dasar mengoperasikan DAW Cubase untuk pemula yang sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam mengoperasikan software pembuat musik. Fungsi-fungsi utama dari DAW Cubase akan kami jelaskan secara runtut, sehingga dengan mengikuti tutorial ini Anda sudah memiliki kemampuan dasar membuat lagu dari awal sampai lagu jadi dan siap dipasarkan.
Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti tutorial ini?
Komputer atau Laptop
Untuk menjalankan software pembuat lagu sebenarnya tidak memerlukan komputer super cepat, namun alangkah baiknya jika Anda menyiapkan komputer minimal memiliki:
  1. Memory RAM 2GB
  2. Hard disk di atas 500GB
  3. Processor Core 2 Duo CPU 2.13GHz
  4. Speaker dan Headphone (disarankan menggunakan speaker dengan range frekuensi lebar)
  5. Komputer yang memiliki input (line in/mic in) untuk merekam [umumnya komputer/laptop yang sehari-hari kita gunakan memiliki kelengkapan ini]
Bagi yang komputer atau laptopnya belum sesuai seperti saran di atas tidak masalah, silahkan Anda coba terlebih dahulu menggunakan DAW Cubase dan rasakan apakah software ini berat di komputer Anda. Komputer super cepat dibutuhkan bagi para profesional di mana lagu yang mereka kerjakan lebih kompleks. Sebagai pemula menggunakan komputer atau laptop yang ada masih cukup memadai.
Software/DAW Cubase
Tentunya untuk mengikuti tutorial ini DAW Cubase juga harus terinstal di komputer Anda. Software ini dapat dibeli dari situs resminya www.steinberg.net, atau Anda dapat mencarinya di toko software terdekat di kota Anda.
*Tutorial ini dibuat menggunakan Cubase versi 5.1.0, kami rasa tutorial ini masih relevan diikuti bagi yang memiliki Cubase versi terbaru.
Perlengkapan Recording
Karena tutorial Cubase ini diperuntukkan untuk pemula, perlengkapan recording yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan memakan biaya yang mahal. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus disiapkan:
Microphone dengan Kabel Jack 1/8
Mic akan kita colok langsung ke dalam line in/mic in komputer/laptop.
Kabel Jack 1/8
Digunakan untuk merekam gitar elektrik, keyboard dan atau instrumen elektik lainnya
Bagi yang tidak memiliki alat musik apapun tapi Anda hanya bisa bernyanyi, tak perlu khawatir karena kita memiliki instrumen virtual atau biasa disebut VST yang juga akan kita pelajari. Dalam kasus ini Anda hanya perlu menyiapkan Microphone saja untuk merekam vokal.
*Penjelasan lebih detail tentang perlengkapan recording akan dijelaskan pada tutorial terpisah.
Karena cakupan tutorial yang cukup luas, kami akan bagi tutorial menjadi beberapa bagian. Setelah semua kebutuhan sudah terpenuhi berikut ini adalah bagian-bagian tutorial yang akan dibahas:
Part 1 Pembuka (Anda berada di sini)
Pada part ini akan dijelaskan langkah-langkah yang diperlukan saat pertama kali software Cubase dijalankan hingga Software pembuat musik ini siap digunakan untuk memproduksi musik.
Pada tutorial bagian ketiga ini akan dijelaskan penggunaan virtual instrumen yang sangat membantu kita dalam membuat lagu, terutama bagi yang tidak memiliki alat musik.
Part 4 Recording (coming soon)
Setelah mempelajari virtual instrumen, fitur penting lain yang wajib dimengerti adalah cara merekam vokal dan alat musik yang kita mainkan sendiri.
*Jika Anda berencana hanya membuat musik instrumental saja
Part 5 Mixer & FX Instrument (coming soon)
Sebagai penutup, tutorial Cubase bagian kelima ini akan menjelaskan cara kerja Mixeryang penting untuk membuat lagu menjadi lebih enak didengar. Selain itu juga dijelaskan cara memberikan efek-efek untuk memperindah musik yang kita buat.
Bagi pemula yang mengikuti tutorial ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan musikalitas dan memajukan karir musik bagi yang bermimpi untuk menjadi musisi profesional.
Sambil menunggu materi berikutnya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah. Stay tune di loovomusic.com dan sampai jumpa pada tutorial Part 2.
sumber : http://loovomusic.com/
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be Our Fans !

Top Post

 
Support : seo Copyright © 2012 - 2014/2015. Oke Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit By Idel Brodsky
Creator Oke Media by Sandhi Foreverz