Toyota telah meluncurkan
satu model barunya : Toyota Fortuner VNT tidak lain adalah Toyota
Fortuner turbo diesel intercooler.
Grand New Fortuner Diesel VNTurbo
dengan Intercooler merupakan mesin baru yang menggunakan Variable
Nozzle van Turbo (VNT) sehingga mampu memberikan tekanan udara yang
lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dan hasilnya torsi
menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.
Fortuner
Diesel seri sebelumnya menggunakan mesin 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC
D-4D dan sekarang diganti model 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D VN
Turbo Intercooler. Pada mesin baru ini menghasilkan daya maksimum 144
ps/3,400 rpm, ini berarti mengalami peningkatan dari mesin yang lama
dengan daya maksimum 102 ps/3,600 rpm. Begitu juga pada torsi maksimum
mengalami peningkatan sebesar 35 kgm/1,600-2,800 rpm dari 26.5
kgm/1,600-2,400 rpm.
Grand New Fortuner Diesel ini memiliki 4 tipe :
- Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T
- Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T
- Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD
- Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD
Perubahan lainnya selain mesin, Grand New Fortuner
Diesel VNTurbo mempunyai Hood Scoop pada bagian tengah kap mesin,
fungsinya untuk menyalurkan udara dingin ke Intercooler. Teknologi VN
(Variable Nozzle) berfungsi untuk mengontrol dalam mengoptimalkan
kinerja mesin turbo dalam menghasilkan output yang disalurkan ke seluruh
mesin.
Indonesia merupakan negara yang memiliki medan dan cuaca tropis yang
ekstrim sehingga banyak pelanggan memilih jenis mobil yang berkesan
tangguh, kuat, dan sporty. Jenis mobil tersebut yaitu Grand New Fortuner
Diesel.
Toyota mengatakan versi diesel saat ini akan dihapus dan untuk versi bensin masih tetap dijual dipasaran.
Cara membedakan dengan diesel non-turbo,
kita dapat melihat adanya sebuah air scoop di bonnet. Toyota Fortuner
hanya akan model dengan sistem 4x2.
Mesin masih mengadopsi sama dengan D-4D
4-silinder, 2,5 liter plus turbo. Di Afrika Selatan, mesin Fortuner VNT
2,5 liter menyemburkan tenaga 142 hp atau lebih besar dari 40 hp dari
diesel non-turbo. Masih versi Afsel, torsinya 343 Nm pada 1600-2800 rpm
atau naik 83 Nm dari diesel non-turbo.
Tipe TRD akan tetap dihadirkan selain
tipe G. Sistem transmisi terbagi dua pilihan yaitu manual 5-speed atau
otomatis 4-speed. Kabarnya Fortuner VNT dibandrol dengan harga Rp 390
juta dan Untuk versi termahal (TRD A/T) dibandrol dengan harga Rp 422
juta.
Dari sisi tampilan sebenarnya tak ada perbedaan dengan diesel non-turbo. Perbedaannya mungkin bisa dilihat dari adanya air scoop di bagian kap mesin. Kapasitas mesin juga kabarnya sama yaitu D-4D 4-silinder, 2,5 liter hanya saja ditambahi turbo sehingga tenaganya lebih besar. Sedangkan untuk transmisi ditawarkan dua model manual 5-speed atau otomatis 4-speed.